Example floating
Example floating
Liga Italia

Juventus Dikeluarkan dari UEFA Europa Conference League 2023/2024

213
×

Juventus Dikeluarkan dari UEFA Europa Conference League 2023/2024

Share this article
Juventus Dikeluarkan dari UEFA Europa Conference League 2023/2024
Juventus Dikeluarkan dari UEFA Europa Conference League 2023/2024 Soccer Football - Serie A - Napoli v Juventus - Stadio Diego Armando Maradona, Naples, Italy - January 13, 2023 Juventus players pose for a team group photo before the match REUTERS/Ciro De Luca

12Goal.com – Keputusan UEFA telah menetapkan nasib klub raksasa Italia, Juventus. Klub berjuluk Bianconeri ini secara resmi dikeluarkan dari kompetisi UEFA Europa Conference League 2023/2024 karena terbukti melanggar aturan Financial Fair Play.

Pelanggaran Financial Fair Play

Bianconeri sebelumnya telah berhasil meraih satu tempat dalam kompetisi tersebut setelah finis di peringkat ke-7 dalam Liga Italia 2022/2023. Namun, hasil tersebut datang dengan harga mahal, karena klub tersebut juga mendapatkan hukuman pengurangan 10 poin sebagai konsekuensi dari pelanggaran Financial Fair Play.

Manipulasi Pengeluaran Gaji Pemain

Juventus terbukti telah melakukan manipulasi dalam pengeluaran gaji pemain selama periode pandemi. Setelah mengadakan investigasi menyeluruh, FIGC (Federazione Italiana Giuoco Calcio) menetapkan bahwa Juventus secara jelas melanggar aturan dan harus dikenai sanksi.
Pelanggaran Aturan Selama Tahun 2012-2019

Selain pelanggaran terkait dengan pengeluaran gaji pemain, UEFA juga menemukan pelanggaran lain yang melibatkan transaksi klub selama tahun 2012 hingga 2019. Pelanggaran inilah yang juga menjadi salah satu alasan utama untuk memberlakukan hukuman terhadap Juventus.

Hukuman Dari UEFA

Sebagai konsekuensi atas pelanggaran tersebut, UEFA memberlakukan dua sanksi terhadap Juventus. Pertama, Juventus dilarang berpartisipasi dalam UEFA Europa Conference League 2023/2024.

Penerimaan dan Ketidakbandingan

Juventus menerima keputusan ini tanpa melakukan banding atas hukuman yang telah ditetapkan. Sebagai bagian dari sanksi, Juventus juga harus membayar denda sebesar 20 juta Euro.

Namun, ada kemungkinan denda ini dapat dikurangi menjadi separuhnya jika Juventus mematuhi aturan Financial Fair Play selama tiga tahun ke depan. Dengan demikian, denda tersebut dapat menjadi 10 juta Euro jika Juventus berhasil memenuhi syarat ini.

Pergantian Wakil Liga Italia

Meskipun Juventus dikeluarkan dari kompetisi, jatah wakil Liga Italia di UEFA Europa Conference League 2023/2024 tidak berkurang. Sebaliknya, Fiorentina akan menggantikan Juventus di kompetisi tersebut.

La Viola berhasil finis di peringkat ke-8 dalam Liga Italia musim lalu, sehingga berhak mewakili Italia dalam ajang UEFA Europa Conference League musim depan.

Dengan keputusan yang telah ditetapkan, Juventus harus menghadapi realitas dari sanksi yang telah diberlakukan dan berusaha memperbaiki kinerja keuangan mereka untuk masa depan. Ayo dukung Juventus dan Fiorentina dalam perjalanan mereka di kancah Eropa musim depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *